Antonius Ketut

Pemulihan Lingkungan Hidup

Firman Tuhan di Kejadian 1;11-12 mengingatkan kita bahwa Allah yang telah menciptakan tanah dan bumi ini berkehendak agar tanah menghasilkan kehidupan yang bermanfaat bagi manusia. Karya ciptaan yang agung itu bukan tanpa maksud, namun oleh karena kasih Allah kepada manusia agar senantiasa menjaga dan mengelola bagi kelangsungan hidup manusia. Amanat agung inilah yang harus disadari dan dilaksanakan oleh umat manusia dimuka bumi.

Sejalan dengan hal itu Bidang Kesaksian dan Pelayanan GKI Perumahan Citra 1 senantiasa mengajak jemaat untuk meningkatkan kepeduliannya pada pemulihan lingkungan hidup bagi kelangsungan hidup yang lebih baik. Gerakan pemulihan lingkungan hidup ini dimulai dari lingkungan terkecil atau bisa disebut sebagai “sebagai agen-agen pemulihan lingkungan hidup”, yaitu keluarga jemaat sendiri, melalui kepedulian dalam pengelolaan sampah rumah tangga maupun kepedulian pada pemanfaatan lahan yang ada dengan gerakan menanam pohon, sehingga dapat membantu mengurangi peningkatan polusi udara.

Program pelayanan GKI Perumahan Citra 1 dimaksud juga sejalan dengan komitmen negara/pemerintah yang dalam hal ini melalui Otoritas Jasa Keuangan (OJK/BI) dan Kementerian Lingkungan Hidup (KLH), untuk melaksanaan program Green Banking .  Green Banking adalah salah satu upaya untuk merubah paradigma dalam pembangunan nasional dari Greedy Economy menjadi Green Economy. Greedy Economy merupakan istilah dimana fokus ekonomi hanya terbatas pada pertumbuhan ekonomi yang diukur melalui pertumbuhan ratio/angka saja dengan dicapai melalui eksploitasi kekayaan alam saja. Sedangkan Green Economy merupakan perubahan pandangan terhadap pembangunan ekonomi berupa penyediaan sumber-sumber pendanaan proyek-proyek ramah lingkungan, seperti energi baru dan terbarukan, pertanian organik, industri hijau dan ecotourism dengan memperhatikan keseimbangan 3P (people, profit, planet), yang didalamnya mencakup adanya proses perlindungan dan pengelolaan kekayaan alam yang “terbarukan”, serta partisipasi semua pihak, dalam hal ini dapat kita simpulkan bahwa Gereja dan Jemaatnya juga memiliki peran aktif untuk mendukung sehingga sejalan dengan amanat Tuhan Allah kepada manusia agar senantiasa menjaga dan mengelola bagi kelangsungan hidup manusia.

(Antonius Ketut D/27 Mei 2014)


“DISCLAIMER : Semua tulisan, artikel, informasi dan gambar yang ada pada blog ini merupakan pendapat pribadi Antonius Ketut Dwirianto selaku pemiliki akun/blog dan tidak dimaksudkan untuk menduplikasi karya pihak lain, mengaburkan data dan informasi, memberikan informasi dan keterangan palsu atau  menyimpang serta memiliki maksud-maksud yang melanggar kode etik dan hukum”

Leave a Replay

About Me

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.

Recent Posts

Follow Us

Weekly Tutorial